Terima Kasih atas kesedian Anda untuk berkunjung ke blog yang sederhana ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi Kawan-kawan semua. Kritik, saran, serta komentar Anda sangat kami harapkan.
| 14 comments ]

PENIKMAT rokok dan industri rokok dirundung cemas.Ini terkait rencana pertemuan Itjima’ Ulama Komisi Fatwa MUI Se-Indonesia di Padang Panjang,Sumatera Barat, 23–26 Januari 2009.

Mereka cemas karena sangat mungkin kebiasaan dan bisnis yang mereka jalankan selama ini akan diharamkan. Jikafatwatersebutbenar-benarturun,hampirdipastikan tingkat konsumsi rokok akan anjlok karena mayoritas perokok adalah umat Islam.

Lalu bagi industri rokok Tanah Air fatwa ini akan menjadi alamat buruk bagi masa depan usaha mereka. Munculnya penggiringan wacana merokok ke dalam aturan agama bersumber dari satu persoalan pokok, yakni dampak terhadap kesehatan manusia.

Fakta memang menunjukkan racun utama pada rokok seperti tar, nikotin, dan karbon monoksida membuat pengisap asap rokok mengalami risiko 14 kali lebih besar terkena kanker paruparu, mulut, dan tenggorokan, dan puluhan jenis penyakit membahayakan lainnya.

Alasan inilah yang menjadi landasan moral untuk mendorong ulama mengeluarkan fatwa haram.Untuk lebih meyakinkan bahwa merokok tidak sekadar makruh seperti diyakini sebagian besar ulama saat ini, kalangan profatwa haram mencoba menganalogikan akibat dari perilaku mengonsumsi rokok seperti mengonsumsi minuman keras, yaitu membahayakan—baik harta maupun badan.

Bisa dipastikan pula upaya mengharamkan rokok tidak akan semudah membalik tangan. Teriakan menentang fatwa haram jauh hari sudah nyaring terdengar.Bukan hanya dari kalangan pengusaha dan perokok, petani tembakau, buruh pabrik,dan pemerintah pun merasa terancam.

Bisa dibayangkan bagaimana nasib petani di Temanggung dan Madura jika tembakau yang selama ini menjadi gantungan hidup mereka tidak bisa dijual. Bagaimana jadinya jika puluhan ribu buruh linting di PT Gudang Garam, HM Sampoerna, Djarum, dan Bentoel tidak lagi bisa bekerja karena pabrik mereka gulung tikar.

Menurut catatan, tidak kurang dari 6,4 juta penduduk Indonesia bergantung pada industri rokok, dengan efek ganda mencapai 20 juta orang,yaitu mereka yang membuka usaha penitipan sepeda, kantin, maupun kontrakan dan sebagainya. Pemerintah juga tak kalah kelabakan.

Dari cukai rokok saja pemerintah bisa meraup pemasukan Rp50 triliun atau setara 5% APBN 2008 yang mencapai Rp1.000 triliun. Jumlah ini belum termasuk pemasukan dari iklan, percetakan,dan sektor industri lain yang terkait rokok.Dana sebesar ini sangat bermanfaat untuk membiayai program pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur.

Melihat kontribusi nyata ini, tentu para ulama harus melakukan pendekatan yang arif dan bijaksana, sehingga fatwa yang akan diambil tidak menimbulkan problem baru yangtakkalahberatnya.Apalagiditengah merebaknya PHK massal akibat krisis global.

MUI bisa mengambil opsi jalan tengah dengan menunda fatwa haram sembari menunggu semua pihak sudah siap menerima fatwa tersebut.Penundaan bisa disesuaikan dengan tahapan orientasi industri rokok,yakni periode 2007–2010 (pro-income),2010–2015 (pro-job),dan 2015–2020 (pro-health).

Atau jika kondisi masyarakat menjadi pertimbangan utama, MUI tidak mengharamkan rokok, tapi mendorong berjalanan sistem yang membatasi ruang gerak konsumsi rokok. Pilihan ini berdasarkan realitas bahwa aturan larangan merokok seperti diterapkan DKI Jakarta melalui Perda No 2/2006 tentang Pengendalian Pencemaran Udara ternyata tidak efektif.

MUIbisajugamendorongpemerintah-pemerintahdaerah dan pemerintah pusat agar merevisi atau membuat aturan larangan rokok lebih tegas dan dengan sanksi lebih keras.Denganadanya punishment yang lebih menakutkan, masyarakat yang terbiasa seenaknya merokok akan berpikir ulang.

Selainitu,MUImengeluarkanrekomendasiyangmeminta pemerintah pusat membatasi peredaran rokok seperti halnya pengaturan penjualan minuman keras,meningkatkan besaran cukai rokok,atau mengencangkan tensi peringatan bahaya merokok seperti tertera di bungkus rokok selama ini.

Seperti di Eropa, peringatan bahaya rokok tidak cukup dengan pengumuman ”Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung,impotensi dan gangguan kehamilan”, tapi disertai gambar yang mempertunjukkan penyakit yang diderita perokok.Jika peraturan daerah maupun peraturan pemerintah serius dijalankan, tanpa fatwa haram pun jumlah perokok akan berkurang dengan sendirinya.(*)

http://www.seputar-indonesia.com/

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

14 comments

Anonymous said...

bagus..saya di malaysia cukup terharu membacanya..

joe said...

Gak perlu pakai fatwa segala, karena merokok adalah hak azasi, tapi kalau saya no smoking

Arif said...

@ joe: Fatwa merupakan hasil pemikiran sebagian kelompok umat Islam, dan fatwa adalah tidak bersifat mengikat seperti halnya hukum. jadi, tidak ada pakasaan untuk melakukannya.. Merokok itu harah menurut sebagian kamum muslimin, tapi tidak untuk yang lain.. so, mana pilihan kita adalah yg terbai untuk kita, asalkan dilandasi dengan ilmu.. thx untuk kunjungannya maz..

rahdiyansyah said...

BAGI YANG MASIH SUKA MEROKOK, SILAHKAN BACA:
1.Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, maka untuk mengurangi resiko tersebut aktiflah merokok.
2.Menghindarkan dari perbuatan jahat karena tidak pernah ditemui orang yang membunuh, mencuri dan berkelahi sambil merokok.
3.Mengurangi resiko kematian, dalam berita tidak pernah ditemui orang yang meninggal dalam posisi merokok.
4.Berbuat amal kebaikan; kalau ada orang yang mau pinjam korek api paling tidak sudah siap/tidak mengecewakan orang yang ingin meminjam.
5.Baik untuk basa-basi/keakraban; Kalau ketemu orang misalnya di halte kita bias tawarkan rokok. Kalau basa-basinya tawarkan uang kan nggak lucu.
6.Memberikan lapangan pekerjaan bagi buruh rokok, dokter, pedagang asongan, pembuat asbak, pabrik kemasan dan perusahaan obat batuk.
7.Bisa untuk alas an tambah gaji karena karena ada post untuk rokok dan resiko baju berlubang karena api rokok.
8.Bisa menambah suasana pedesaan / back to nature bagi ruangan ber AC dengan asapnya sehingga seolah-olah berkabut.
9.Menghilangkan bau wangi-wangian ruangan yang alergi bau parfum.
10.Membantu program KB dan mengurangi penyelewengan karena konon katanya merokok bisa menyebabkan impotent.
11.Melatih kesabaran dan menambah semangat pantang menyerah karena bagi pemula merokok itu tidak mudah, batuk-batuk dan tersedak tapi tetap diteruskan (bagi yang lulus).
12.Untuk indicator kesehatan; Biasanya orang yang sakit pasti dilarang dulu merokok. Jadi yang merokok itu pasti orang sehat.
13.Menambah kenikmatan; Sore hari minum kopi dan makan pisang goring sungguh nikmat apalagi ditambah merokok.
14.Sebagai tanda kalau hari sudah pagi, karena setiap pagi kita pasti mendengar ayam merokok.
15.Anti maling, waktu perokok batuk berat di malam hari.
16.Membantu shooting film keji, rokok digunakan penjahat buat nyundut jagoan yang terikat di kursi…ha…ha…ha… penderitaan itu pedih jendral!!!
17.Film koboy pasti lebih gaya kalau ngerokok sambil naek kuda, soalnya kalau sambil ngupil susah betul.
18.Teman boker yang setia.
19.Buat ngelobangin kunci jawaban.
20.Membuat awet muda; karena konon orang yang merokok berat belum sampai tua sudah mati duluan kena kanker paru-paru.

FAKTA LAIN MEMBUKTIKAN SEKITAR 30 % ORANG MENINGGAL DIDUNIA ADALAH PEROKOK DAN 70%-NYA BUKAN PEROKOK. MAKA MEROKOKLAH AGAR MASUK KE GOLONGAN YANG LEBIH SEDIKIT ITU.

MUDAH-MUDAHAN HAL-HAL DI ATAS DAPAT DIJADIKAN BAHAN PERTIMBANGAN OLEH MUI DALAM MENCIPTAKAN SEBUAH FATWA TENTANG MEROKOK.

Revolution Without Anarchy.
MS.

rahdiyansyah said...

INDONESIA BUKAN ISLAM TAPI ISLAM BAGIAN DARI INDONESIA

Kenapa manusia hanya bergantung pada fatwa? apakah orang - orang islam yang ngakunya cerdas adalah orang - orang yang menurut pada “KATANYA KYAI atau ULAMA”?

Tuhan menciptakan manusia untuk berfikir karna manusia memiliki akal dan budi… bukan seperti kerbau yang dicocok hidungnya, asal dikit - dikit nyangkut agama terus kita bela…

Aku orang INDONESIA yang akan mengabdikan diriku untuk mempertahankan keutuhan NKRI, karna NKRI harga mati.

Sebagai pencerahan saja bagi kawanku - kawanku di seluruh nusantara, INDONESIA tidak pernah berdiri karena satu agama tetapi karena adanya satu perasaan senasib, adanya satu rasa saling memiliki dan satu rasa saling menghargai perbedaan.jangan hanya karena kita sebagai makhluk mayoritas maka kita sok jagoan dan ingin berkuasa atas negara ini.

Orang yang cerdas adalah orang - orang yang mampu menghargai perbedaan sebagai suatu keindahan. ingat kawan, pahlawan yang telah berjuang bukan hanya beragama ISLAM tetapi juga ada NASRANI,BUDHA,HINDU..

Sekali lagi INDONESIA adalah keanekaragaman dimana sebuah negara yang tercipta karena keanekaragaman baik suku,budaya,agama maupun ras. INDONESIA akan tetap menjadi INDONESIA dan ISLAM adalah bagian INDONESIA. Waspadalah kawan, telah banyak orang - orang yang telah menggunakan agama untuk memecahbelahkan bangsa ini. rasa fanatik yang berlebihan dan tidak mampu menghargai orang lain adalah bibit perusak bangsa ini..

Takkan pernah terjadi dalam sejarah INDONESIA akan jadi negara agama karna INDONESIA adalah negara ber-KETUHANAN bukan negara agama yang jadi milik sekelompok manusia saja.

NB : TAU DIRI DAN BERKACA SERTA BISA MENEMPATKAN POSISI DIRI ITU ADALAH YANG TERBAIK. DARI PADA JADI ORANG YANG SOK TAU DAN MUNAFIK SERTA MENGGUNAKAN AGAMA UNTUK MERAIH KEKUASAAN YANG UJUNG- UJUNGNYA ADALAH UANG. JIKA JADI POLITIKUS JADILAH POLITIKUS YANG BAIK, JIKA JADI AGAMAWAN JADILAH AGAMAWAN YANG BAIK JANGAN JADI AGAMAWAN POLITIK….

MERDEKA!!!!!!!!
JAYALAH SELALU INDONESIAKU!!!!!!!!

By: M_IKA_S

rendy said...

yg menentukan haram atau tidaknya hanyalah allah...bukan manusia

Arif Luqman Nadhirin said...

@Rendy: di dalam islam ada kewajiban untuk berijtihad bagi para ulama, yaitu menentukan hukum ata suatu perkara/benda yang di dalam nas Al-Qur'an maupun hadits Nabi SAW belum dijelaskan hukumnya, di sinilah fungsi ijtihad... contoh: narkoba, tidak ada nash baik Al-Qur'an maupun Hadis yang menyebutkan atas keharamannya, pai narkoba itu memiliki beberapa sifat yang sama dengan khamer (minuman keras, di antaranya adalah: membuat orang lupa ingatan, membahayakan kesehatan, merugikan secara fiansial, termasuk perbuatan syaitan, dll, maka dari itu narkoba juga diharamkan seperti halnya khamer.... begitu juga dengan rokok... begitu mas... semoga bisa membantu...

yusuf said...

sangat menarik sekali artikel yang anda buat,,,,bisa memotivasi saya untuk kebih maju lagi dan selalu percaya diri

Anonymous said...

@rahdiyansyah,,tolol banget sih lo.. makanya kalo gak ada yang merokok pasti gak bakal ada yang namanya perokok pasif. Dan untuk semua Pro-nya lo terhadap rokok itu cuma alibi orang bodoh yang cari pembenaran,, masih banyak yang bisa dilakukan untuk sekedar bersosialisai,keakraban,biar keren dsb. seperti 20 poin yang lo tulis diatas..

Arif Luqman Nadhirin said...

@rahdiyansyah: sebaiknya anda perlu mengingat bahwa para pejuang kemerdekaan RI mayoritas adalah terdiri dari para ulama/Kiyai serta para santrinya... (Coba diperdalam lagi sejarahnya)..

di dalam Islam sumber hukum itu ada tiga Al-qur'an, Al-Hadits, dan Ijtihad.. ijtihad adalah menggunakan akal fikirannya untuk memutuskan hal-hal yang baru yang belum ada nashqotinya (ketentuannya dalam Al-Qur'an dan alhadits).. dan ini sangat diperintahkan oleh Rasulullah saw, dengan tujuan agar umat islam tidak mengalami kejumudan/stagnasi akal fikiran...

jadi sah saja kalau MUI memutuskan fatwa haram atas rokok, dengan telah mempertimbangkan manfaat dan madorot/bahaya dari rokok itu sendiri...

cara mengobati wasir said...

salepsalwa
ramuanherbaluntukmengobatikanker
caramenyembuhkanbenjolanwasirluar
obattradisionalambyeneksternal
obatherbalwasirambeienampuh
obattradisionaluntukmenyembuhkan
anekaobatherbal
penyakitambeienluar
obatambeyendiluar
obatwasir
caramengobatiambeienluar
daununguobatwasir
obatdiabetesampuh
daununtukobatambeien
obatdiabetesyangampuh
obatwasiralami
obatdiabetespalingmujarab
caramengobatiambeyeunstadium34
obatdiabetespalingmanjur
merkobatbuatambeienapayangyang
obatdiabetespalingampuh
obatherbaldiabetesampuh
jualobattradisionalwasirampuh

SomeOne said...

Agen Bola Taruhan Online 988bet
Agen Bola Taruhan Online 988bet
Agen Bola Taruhan Online 988bet
988Bet Trade In
988Bet Produk Asia77
988Bet Produk AsiaPoker77
988Bet Produk Asia8
988Bet Produk 1sCasino
988Bet Produk 338a
988Bet Produk IBCBET
988Bet Produk SBOBET
Prediksi Bola 988Bet
Tebak Bola 988
Panduan Bermain 988

Resep Masakan said...

makasih info nya. sukses selalu.

Rosnida Zainab said...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Post a Comment