Ad Code

Responsive Advertisement

Contoh Rancangan Aktulaisasi Latihan Dasar (Latsar) CPNS Tahun 2020

Aktualisasi dan Habituasi CPNS

Sedikit gambaran tentang Rancangan Aktualisasi dan Habituasi Nilai-Nilai Dasar, Kedudukan dan Peran PNS Dalam NKRI 

Rancangan Aktualisasi dan Habituasi Nilai-Nilai Dasar, Kedudukan dan Peran PNS Dalam NKRI pada latihan dasar (Latsar) bagi CPNS merupakan kompetensi yang wajib dikuasai oleh CPNS  setelah mengikuti serangkaian mata diklat mulai dari agenda orientasi, sikap dan perilaku bela negara,  nilai-nilai dasar,  kedudukan dan peran PNS dalam negeri dan habituasi.

Sebagai kompetensi  yang wajib dikuasai oleh peserta Latsar CPNS, maka agenda Rancangan Rancangan Aktualisasi dan Habituasi Nilai-Nilai Dasar, Kedudukan dan Peran PNS Dalam NKRI ini akan melatih seorang CPNS untuk menggali dan mengangkat berbagai isu-isu aktual yang menjadi permasalahan dalam lingkup kerjanya dengan menggunakan analisis sederhana seperti metode Urgency, Strength, Growth (USG) dan Aktual, Problematik, Khalayak dan Layak (APKL). Stelelah berbagai permasalah diangkat, selanjutnya adalah mencarikan solusi pemecahan masalah untuk meningkatkan mutu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh unit kerja atau organisasi tempat CPNS tersebut bertugas.
 
Keseluran rangkaian pelaksanaan rancangan Aktualisasi sampai pada pelaksanaan Aktualisasi kegiatan penyelesaian issue tersebut haruslah menekankan prinsip nilai dasar seorang Aparatur Sipil negara yaitu ANEKA (akuntabilitas, nasionalime, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi). Sehinga hasil Aktualusasi tersebut mampu meningkatkan mutu layanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat. 

Keberhasilan sebuah Rancangan Aktualusasi yang telah disusun seorang CPNS menjadi Kegiatan Aktualisasi terletak pada kemampuan CPNS dalam menemukan isu strategis,  pemecahan masalah yang kreatif , inovatif dan susteinable yang dilandasi oleh nilai-nilai dasar ASN sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan publik dan citra organisasi. 


Berikut Ini adalah Contoh Rancangan Aktualisasi dan Habituasi Nilai-Nilai Dasar, Kedudukan dan Peran PNS Dalam NKRI milik penulis saat mengikuti Latsar CPNS Golongan/Ruang III/a Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020.

Untuk mengunduh silahkan klik link di bawah. Semoga bermanfaat.


Format Word


Format Powerpoint

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terima kasih pak... Mohon juga dishare untuk yg laporan Aktualisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2.. ditunggu hari Senin ya untuk Laporan Aktualisasinya.. terima kadih

      Hapus

Silahkan berikan masukan atau pertanyaan yang dapat membangun blog ini. Terima kasih

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)